Harapkan Bumdes Bawa Perubahan Perekonomian Desa

Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang

Harapkan Bumdes Bawa Perubahan Perekonomian Desa

November 19, 2020 Pemberdayaan Masyarakat 0

JATINANGOR – Sekretaris Desa Sayang Ichsan Sopyan, mengatakan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) ini harus mampu menjadi titik awal perubahan. Terlebih, pada ranah ekonomi dan kesejahteraan desa lebih baik.

“Bumdes ini diharapkan mampu meningkatkan sumber Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk membantu mewujudkan desa Sayang mejadi desa mandiri,” ucap Ichsan disela-sela waktunya, Sayang, Jatinangor, Kamis (19/11).

Mengenai kondisi Bumdes hari ini, kata dia, banyak tantangan yang dihadapi untuk mewujudkan kemajuan Bumdes. Salah satunya, SDM (Sumber Daya Manusia) dan kepercayaan dari masyarakat.

“Ketika Bumdes ingin membangun lebib baik, otomatis harus berjuang dan berani susah. Saya berkeyakinan bahwa segala sesuatu yang dibangun dengan kerja keras akan selalu bertahan dan memberkas. Karena pepatah mengatakan, proses tidak akan menghianati hasil,” katanya.

“Bumdes pun harus punya SDM yang komit untuk berjuang. Itu yang susah dicari. Tapi mudah-mudahan seiring berjalannya waktu orang-orang komit itu bermunculan,” imbuhnya.

Ia pun menjelaskan, bahwa Bumdes merupakan wadah untuk pemberdayaan masyarakat desa Sayang dalam berwirausaha. Sehingga perlunya ada sinergitas antara UMKM dan Bumdes.

“Kedepannya bisa memberdayakan masyarakat juga. Ajak warga yang ingin berwirausaha. Supaya hadirnya Bumdes itu dirasakan pula oleh warga,” jelasnya.

Kendati begitu, dirinya pun berkomitmen akan terus mengawal berjalannya program bumdes. Terlebih dalam membuat program trobosan baru untuk mendongkrak peningkatan ekonomi desa.

“Kita support penuh pengembangan ekonomi desa melalui Bumdes. Apalagi sudah mempunyai program dalam mengelola sampah,” paparnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *