Gambaran Umum Desa

Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang

Desa Sayang merupakan salah satu Desa di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang dengan posisi astronomi berada pada 108°,6¹,41,71 dtk (BT) dan 1°,50¹,36,38 dtk (LS), dengan batas wilayah sebagai berikut :

  1. Sebelah Utara : Dengan Desa Cibeusi dan Desa Cileles
  2. Sebelah Selatan : Dengan Mekargalih dan Kecamatan Rancaekek (Kabupaten Bandung)
  3. Sebelah Barat : Dengan Desa Cipacing dan Cibeusi
  4. Sebelah Timur : Dengan Desa Cikeruh

Kondisi Desa Sayang memiliki kondisi alam dengan struktur geologi yang kompleks terbagi atas wilayah dataran tinggi (wilayah utara) dan dataran rendah (wilayah selatan) dengan ketinggian 683m diatas permukaan laut (mdpl) sementara sebelah timur berbatasan dengan Desa Cikeruh dengan batas alam Sungai Cikeruh, curah hujan rata-rata mencapai 492,64 mm. Disamping itu Desa Sayang juga terletak diantara kawasan industri (CV. WISKA, PT. DAG dan PT. SJM) dan kawasan perdagangan (Pasar Dangdeur Rancaekek) juga kawasan Perguruan Tinggi (IPDN, IKOPIN, ITB Dan UNPAD) disebelah Utara. Selain itu juga di wilayah utara juga Desa Sayang memiliki Area Lapangan Golf (Bandung Giri Gahana Golf) beserta dengan Hotel BGG-nya.

Desa Sayang merupakan wilayah penyokong kawasan pendidikan Jatinangor, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya penyedia rumah kost-kostan mahasiswa serta sarana pendukung lain. Di sektor perekonomian wilayah Desa Sayang memiliki beragam produksi diantaranya tekstil, tahu, teh, roti serta home industri lainnya. Selain itu juga banyaknya ruko-ruko serta pasar modern yang berdiri dan melakukan kegiatan usahanya di wilayah Desa Sayang.

Perkembangan wilayah Desa Sayang sangat pesat dari tahun ke tahun, makin meningkatnya jumlah penduduk baik penduduk lokal maupun pendatang mencerminkan bahwa Desa Sayang merupakan Desa yang sangat potensial. Berdirinya perumahan perumahan komersial seperti perumahan ikopin, perumahan wiska, perumahan carigin garden serta perumahan perumahan lain yang masih dalam tahap pembangunan mengidentifikasikan bahwa tingkat pembangunan serta pertumbuhan penduduk Desa Sayang terus berkembang.

Desa Sayang memiliki luas wilayah 232 Ha dengan orbitasi terhadap Pusat Pemerintahan Provinsi (Bandung) mencapai 21 Km, Pusat Pemerintahan Kabupaten (Sumedang) mencapai 23 Km, Pusat Pemerintahan Kecamatan (Jatinangor) mencapai 3 Km. Luas wilayahnya tersebut terbagi ke dalam beberapa jenis peruntukan atau tata guna lahan, utamanya sebagai lahan pertanian dan lahan pemukiman penduduk.

Secara administratif, Desa Sayang terbagi ke dalam tiga wilayah dusun yaitu Dusun 1, Dusun 2 dan Dusun 3. Sementara jumlah wilayah Rukun Warga dan Rukun Tetangganya masing-masing sebanyak 13 RW dan 55 RT.